SILABUS
Mata Pelajaran : MATEMATIKA
Kelas/Program : XI/IPA
Semester : 1
STANDARD KOMPETENSI;
1.Menggunakan aturan statistika,kaidah pencacahan,dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.
| Kompetensi Dasar | Materi Pokok/ Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran. | Indikator | Penilaian | Alokas Waktu (menit) | Sumber/ Alat/ Bahan | ||
| Jenis Tagihan | Bentuk Instrumen | Instrumen | ||||||
| 1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram garis,lingkaran,dan ogive. 1.2Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagramgaris,lingkaran,dan ogive. 1.3Menghitung ukuran pemusatan,ukuran Letak,dan ukuran penyebaran data,serta penafsirannya. 1.4Menggunakan aturan perkalian,permutasi, dan kombinasi dalam pemecahan masalah. 1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan. 1.6Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya.
| Statistika: Diagram garis,diagram batang, Diagram lingkaran,ogive dan histogram. Ukuran rataan, modus dan median. Ukuran letak kuartil,desil. Ukuran penyebaran: jangkauan, Simpangan kuartil,variansi,dan simpangan baku.dari tabel distribusi. Peluang : Aturan perkalian. Permutasi dan Kombinasi. Ruang sampel. Peluang kejadian. | Mengamati dan mengidentifikasi tentang sekolah. Mengidentifikasikan data-data yang dinyatakan dalam berbagai model. Mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel. Menyimak konsep tentang penyajian data. Menyajikan data dalam bentuk berbagai bentuk diagram. Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk. Mendiskusikan pentingnya penyajian data dalam bentuk histogram dan ogive. Membuat tabel distribusi frekuensi dari data tertentu. Menggambar grafik histogram dari tabel distribusi. Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompok. Berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari ukuran pemusatan data kemu.dian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didapat. Menentukan berbagai kemungkinan pengisian tempat yang tersedia dalam permainan tertentu atau masalah-masalah lainnya. Berdiskusi mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada aturan perkalian,permutasi dan kombinasi. Menerapkan rumus aturan perkalian,permutasi dan kombinasi Untuk menyelesaikan masalah. Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan aturan perkalian,permutasi dan kombinasi. Mendaftar titik-titik sampel dari suatu percobaan acak. Menentukan ruang sampel dari percobaan acak tunggal dan kombinasi. Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan peluang suatu kejadian. Menyimpulkan peluang kejadian dari percobaaan yang dilakukan untuk mendukung peluang suatu kejadian secara teoritisnya. Menentukan peluang suatu kejadian dan peluang komplemen. Menentukan peluang suatu kejadian dari atau masalah sehari-hari. | Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis,diagram lingkaran dan diagram batang. Mengidentifikasikan nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram. Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagramgaris,lingkaran,dan ogive. Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang,garis,lingkaran,dan ogive. Membaca sajian data dalam bentuk distribusi frekuensi dan histrogram. Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histrogram. Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompok. Berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari ukuran pemusatan data kemu.dian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didapat. Menyusun aturan perkalian ,permutasi,dan kombinasi. Menggunakan aturan perkalian ,permutasi dan kombinasi. Menentukan kemungkian kejadian dari berbagai situasi. Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan. Menentukan peluang suatu kejadian melalui percobaan. Menentukan peluang suatu kejadian secara teoritiis. | Kuiz Tugas Individu Tugas Kelompok. Kuiz Tugas Individu Tugas Kelompok Kuiz Tugas Individu Tugas Kelompok Kuiz Tugas Individu Tugas Kelompok Kuiz Tugas Individu Tugas Kelompok | Tes Tertulis PG Tes Tertulis Uraian. Tes Tertulis PG Tes Tertulis Uraian Tes Tertulis PG Tes Tertulis Uraian Tes Tertulis PG Tes Tertulis Uraian Tes Tertulis PG Tes Tertulis Uraian | Terlampir |
8x40’ 2x40’ 2x40’ 2x40’ 2x40’ 4x40’ 2x40’ 2x40’ 2x40’ 2x40’ 2x40’ 2x40’ 2x40’ | Sumber Buku Kompetensi Matematika Kelas X,Johanes,dkk, Penerbit Yudistira. Buku referensi Lainnya. Alat: Laptop. OHP Sumber Buku Kompetensi Matematika Kelas X,Johanes,dkk, Penerbit Yudistira. Buku referensi Lainnya. Alat: Laptop. OHP |
Tidak ada komentar:
Posting Komentar