Selasa, 30 Juni 2009

SILABUS

SILABUS

Mata Pelajaran : MATEMATIKA

Kelas/Program : XI/IPA

Semester : 1

STANDARD KOMPETENSI;

1.Menggunakan aturan statistika,kaidah pencacahan,dan sifat-sifat peluang dalam pemecahan masalah.

Kompetensi

Dasar

Materi Pokok/

Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran.

Indikator

Penilaian

Alokas

Waktu

(menit)

Sumber/

Alat/

Bahan

Jenis

Tagihan

Bentuk

Instrumen

Instrumen

1.1 Membaca data dalam bentuk tabel dan diagram garis,lingkaran,dan ogive.

1.2Menyajikan data

dalam bentuk tabel dan diagramgaris,lingkaran,dan ogive.

1.3Menghitung ukuran pemusatan,ukuran

Letak,dan ukuran penyebaran data,serta penafsirannya.

1.4Menggunakan aturan

perkalian,permutasi,

dan kombinasi dalam pemecahan masalah.

1.5 Menentukan ruang sampel suatu percobaan.

1.6Menentukan peluang suatu kejadian dan penafsirannya.

Statistika:

Diagram garis,diagram batang,

Diagram lingkaran,ogive dan histogram.

Ukuran rataan, modus dan median.

Ukuran letak kuartil,desil.

Ukuran penyebaran: jangkauan,

Simpangan kuartil,variansi,dan simpangan baku.dari tabel distribusi.

Peluang :

Aturan perkalian.

Permutasi dan

Kombinasi.

Ruang sampel.

Peluang kejadian.

Mengamati dan mengidentifikasi

tentang sekolah.

Mengidentifikasikan data-data yang dinyatakan dalam berbagai model.

Mengelompokkan berbagai macam diagram dan tabel.

Menyimak konsep tentang penyajian data.

Menyajikan data dalam bentuk berbagai bentuk diagram.

Menafsirkan data dari berbagai macam bentuk.

Mendiskusikan pentingnya penyajian data dalam bentuk histogram dan ogive.

Membuat tabel distribusi frekuensi dari data tertentu.

Menggambar grafik histogram dari tabel distribusi.

Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompok.

Berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari ukuran pemusatan data kemu.dian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didapat.

Menentukan berbagai kemungkinan pengisian tempat yang tersedia dalam permainan tertentu atau masalah-masalah lainnya.

Berdiskusi mengenai kaidah pencacahan yang mengarah pada aturan perkalian,permutasi dan kombinasi.

Menerapkan rumus aturan perkalian,permutasi dan kombinasi

Untuk menyelesaikan masalah.

Menyelesaikan masalah-masalah yang berkaitan dengan aturan perkalian,permutasi dan kombinasi.

Mendaftar titik-titik sampel dari suatu percobaan acak.

Menentukan ruang sampel dari percobaan acak tunggal dan kombinasi.

Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan peluang suatu kejadian.

Menyimpulkan peluang kejadian dari percobaaan yang dilakukan untuk mendukung peluang suatu kejadian secara teoritisnya.

Menentukan peluang suatu kejadian dan peluang komplemen.

Menentukan peluang suatu kejadian dari atau masalah sehari-hari.

Membaca sajian data dalam bentuk diagram garis,diagram lingkaran dan diagram batang.

Mengidentifikasikan nilai suatu data yang ditampilkan pada tabel dan diagram.

Menyajikan data dalam bentuk tabel dan diagramgaris,lingkaran,dan ogive.

Menafsirkan data dalam bentuk diagram batang,garis,lingkaran,dan ogive.

Membaca sajian data dalam bentuk distribusi frekuensi dan histrogram.

Menyajikan data dalam bentuk tabel distribusi frekuensi dan histrogram.

Menghitung ukuran pemusatan data baik data tunggal maupun data berkelompok.

Berdiskusi kelompok untuk menyelesaikan soal-soal sehari-hari untuk mencari ukuran pemusatan data kemu.dian disajikan dalam bentuk diagram dan menafsirkan hasil yang didapat.

Menyusun aturan perkalian ,permutasi,dan kombinasi.

Menggunakan aturan perkalian ,permutasi dan kombinasi.

Menentukan kemungkian kejadian dari berbagai situasi.

Menuliskan himpunan kejadian dari suatu percobaan.

Menentukan peluang suatu kejadian melalui percobaan.

Menentukan peluang suatu kejadian secara teoritiis.

Kuiz

Tugas Individu

Tugas Kelompok.

Kuiz

Tugas Individu

Tugas Kelompok

Kuiz

Tugas Individu

Tugas Kelompok

Kuiz

Tugas Individu

Tugas Kelompok

Kuiz

Tugas Individu

Tugas Kelompok

Tes Tertulis PG

Tes Tertulis Uraian.

Tes Tertulis PG

Tes Tertulis Uraian

Tes Tertulis PG

Tes Tertulis Uraian

Tes Tertulis PG

Tes Tertulis Uraian

Tes Tertulis PG

Tes Tertulis Uraian

Terlampir

8x40’

2x40’

2x40’

2x40’

2x40’

4x40’

2x40’

2x40’

2x40’

2x40’

2x40’

2x40’

2x40’

Sumber

Buku Kompetensi Matematika Kelas X,Johanes,dkk,

Penerbit Yudistira.

Buku referensi

Lainnya.

Alat:

Laptop.

OHP

Sumber

Buku Kompetensi Matematika Kelas X,Johanes,dkk,

Penerbit Yudistira.

Buku referensi

Lainnya.

Alat:

Laptop.

OHP

Tidak ada komentar:

Posting Komentar